Desa Jawi Hitung Ulang, Cakades Ngotot Pungut Suara Ulang

oleh -0 views

E-BENGKULU.COM, KAUR – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) putuskan hitung ulang perolehan suara hasil pungut hitung 28 Februari lalu. Sesuai petunjuk pimpinan daerah, khusus Desa Jawi Kecamatan Kinal akan buka kotak suara dan hitung ulang. Jika nantinya, hasil tetap draw maka ikut Pemungutan Suara Ulang (PSU) bersama tiga desa lainnya.

Hal ini ditegaskan Sekda Kaur, H. Nandar Munadi, S. Sos, M. Si diruang kerjanya, Kamis (18/3/2021). Petunjuk pimpinan, khusus Desa Jawi akan dilakukan penghitungan suara ulang.

“Hitung ulang perolehan suara untuk Pilkades Jawi Kecamatan Kinal. Jika hasilnya tetap draw maka akan digelar PSU,” ujar Sekda.

Nandar menegaskan, hitung ulang akan dilakukan oleh panitia desa yang disaksikan panitia tingkat kabupaten dan kecamatan yang akan di gelar di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Kaur pada Kamis depan.

Sedangkan, untuk PSU akan digelar pada awal April setelah hitung ulang selesai dilakukan. Kamis (18/3/2021) usai menggelar rapat, pihaknya mulai menyusun pencetakan surat suara dan pengundian nomor urut untuk tiga desa yang melakukan PSU.

“Teknisnya lagi disusun PMD termasuk kesiapan lain mulai dari cetak surat suara dan yang lainnya,” ujar Nandar dikutip dari Raselnews.

Sekefar informasi, ada 4 desa yang sebelumnya pada Pilkades 28 Februari yang lalu, ada 4 desa ditetapkan memiliki perolehan suara sama atau draw, yakni Desa Datar Lebar 1 Lungkang Kule, Desa Durian Besar Kecamatan Luas, Desa Jawi Kecamatan Kinal dan Desa Suka Merindu Kecamatan Semidang Gumay.

Khusus untuk Pilkades Jawi, Yendra Haito dan Cakades nomor urut 3, Didi Haryanto, sama-sama meraih 147 suara. Namun, Yendra Hito keberatan dengan perolehan suara itu dia menilai dirinya dirugikan lantaran ada suara yang sah dibatalkan dan ada suara yang batal disahkan, penghitungan suara tidak sesuai Perbup sehingga dirinya menuntut dilakukan hitung ulang.(kif)

Sumber: Raselnews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *