DD Talang Besar Bangun Infrastruktur

oleh -20 views

BINTUHAN, E-BENGKULU.COM – Pembukaan badan jalan sentra produksi di Desa Talang Besar Kecamatan Padang Guci Hilir (Pagulir) dinilai tepat guna. Pasalnya, jalan yang dibuka menghubungkan kelokasi pertanian warga. Sehingga, akses masyarakat menuju lahan semakin membaik dan cepat. Dengan demikian, pengoptimalan lahan menghasilkan produksi pertanian kian pesat. Pertumbuhan ekonomi melalui pemanfaatan Dana Desa (DD) kian nyata dirasakan warga.

Ukur lokasi jalan sentra pertanian.

“Tahun 2019, DD yang diterima membangun berbagai infrastruktur pertanian. Salah satunya membuka badan jalan sentra pertanian di Desa Talang Besar,” ujar Pjs Kades Talang Besar, Darol Jalal, SE, Senin (14/10/2019).

Tenda dan panggung milik desa

Dalam pekerjaan yang dibiayai DD, tim pelaksana melibatkan warga, anggota Bhabinkamtibmas, tim kecamatan dan Pendamping Desa (PD). Sehingga, memberi kejelasan dan petunjuk pekerjaan yang benar sesuai dengan gambar maupun RAB, papar Darol Jalal. Bidang pemberdayaan juga dilaksanakan sosialisasi hukum yang diisi oleh tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Kaur, Inspektorat, kepolisian serta instansi terkait lain. Pembayaran honor guru ngaji, PAUD dan lembaga adat juga masuk dalam realisasi DD tahun ini. disamping itu, ada pembiayaan peningkatan kapasitas aparatur desa. Dengan pelaksanaan pembangunan ini diharapkan ada perubahan pada masyarakat. Baik kebutuhan infrastruktur maupun peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) desa.

Kupas badan jalan sentra pertanian.

“Masyarakat sangat terbantu dalam pemenuhan kebutuhan infrastruktur pedesaan melalui DD yang dikucurkan pemerintah. Warga dapat menentukan apa yang dinilai paling mendesak dan prioritas utama,” terangnya.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *