Cek Jembatan, Polsek-Koramil Turun Gunung

oleh -306 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Dalam rangka mencegah terulangnya tragedi jembatan gantung putus yang diduga akibat over kapasitas, Polri-TNI cek jembatan. Beberapa lokasi jembatan gantung dicek satu persatu guna memastikan kondisinya. Sehingga, dapat mengurangi resiko musibah yang tidak diinginkan.

Pengecekan jembatan gantung melibatkan unsur pemerintah kecamatan dan desa. Ikut dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa (Kades) setempat. Kondisi jembatan terkini dapat diusulkan anggaran rehab atau perbaikan. Seperti halnya kondisi jembatan gantung di Desa Air Kering 2 Kecamatan Padang Guci Hilir. Dari pengecekan tim, ditemukan adanya tali sling kendur dan sudah berumur. Besi penyanggah dinding jembatan sudah banyak yang putus pada sambungan las. Papan lantai jembatan juga banyak yang jebol akibat dimakan usia.

Usai pengecekan, dilakukan imbauan kepada masyarakat sekitar agar tidak melintas diatas jembatan dengan beban berat. Mengingatkan agar melintas bergantian agar tidak over kapasitas yang beresiko putusnya jembatan. Pemerintah desa dapat mengusulkan anggaran rehab jembatan agar kembali normal.

Kapolsek Kaur Utara, Ipda Guslin Saswondo melalui Kanit Intelkam, Brigpol Hedi Juliadi, SH mengatakan, pengecekan ini sebagai upaya antisipasi mencegahnya tragedi yang menelan cukup banyak korban beberapa waktu lalu di Kecamatan Padang Guci Hulu. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi perhatian pemerintah untuk menganggarkan rehab jembatan.

“Tujuannya mencegah terjadinya kecelakaan maut diatas jembatan gantung. Apalagi, mayoritas jembatan gantung saat ini sudah berumur tua dan membutuhkan peremajaan,” ungkap Hedi Juliadi.(erw)

One thought on “Cek Jembatan, Polsek-Koramil Turun Gunung

  1. Jembatan gantung Di tempat kami desa Serdang Indah Kec Luas Kab Kaur Bengkulu, sepanjang 96 meter di bangun oleh Kabupaten Bengkulu Selatan tahun 2003 belum ada perehapan total padahal besi seling jembatan sudah lama terkubur karena musibah tanah longsor, berkarat, besi tengah sudah banyak yang patah. Kondisi sangat memprihatinkan. Silahkan di cek di TKP..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *