Cegah Konflik, Lelang Pengelolah Pasar

oleh -2 views

E-BENGKULU.COM, TANJUNG KEMUNING – Dalam rangka meminimalisir terjadinya konflik di pasar milik pemerintah. Perlu dilakukan lelang terbuka bagi masyarakat yang ingin mengelolah pasar dengan mandiri. Lelang akan menghasilkan pengelolah yang benar-benar serius untuk mengembangkan pasar. Dengan lelang terbuka, semua masyarakat memiliki peluang untuk memenangkan. Sehingga, pengelolah pasar tidak terkesan hanya dapat diambil oleh keluarga pejabat. Oleh sebabnya, perlu dipertimbangkan untuk menggelar lelang terbuka secara umum.

“Tidak ada kesan sembunyi-sebunyi siapa yang akan mengelolah pasar milik pemerintah. Siapapun, boleh ikut lelang terbuka. Dengan demikian, pedagang maupun pembeli tidak menaruh rasa curiga terhadap pengelolah pasar,” ujar Dalikan (37) warga Desa Tanjung Aur I, Kecamatan Tanjung Kemuning, Kamis (17/1).

Menurutnya, pengelolah yang memenangkan lelang tentu akan berorientasi untuk mengembangkan pasar dengan baik. sebab, mereka juga ingin mengejar penghasilan. Dengan penataan dan tarif sewa los yang menguntungkan bagi pedagang tentu akan membuat kenyamanan. Sehingga, pedagang betah dan terus ingin bertahan menyewa los yang ada. Dengan demikian, penghasilan pengelolah tentu akan membaik. Namun, jika lelang dilakukan secara tertutup tidak ada yang tahu, maka akan mengakibatnya munculnya konflik. Selain itu, instansi terkait juga tidak berani untuk menegur atau memberi sanksi terhadap pengelolah jika melakukan penekanan kepada pedagang.

“Lelang terbuka merupakan hal yang paling tepat untuk menjaga pasar agar lebih kondusif. siapapun memiliki kesempatan untuk mengelolah pasar dengan cara ikut lelang,” pungkasnya.(amr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *