Cegah Hoax, Diskominfo Kaur Sosialisasikan UU ITE

oleh -91 views
Kadis
kadis Kominfo dan Persandian Kabupaten Kaur, Asman Suhadi.

KAUR, E-BENGKULU.COM – Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kaur jadwalkan sosialisasi Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Selain itu, Diskominfo juga akan sosialisasi UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminatif terhadapvras dan etnis. Serta penghapusan ujaran kebencian yang menyulut pecahnya persatuan dan kesatuan.

Sosialisasi ini nantinya akan melibatkan, jajaran kepolisian, KPU, Bawaslu, Kejaksaan dan instansi terkait lainnya. Sosialisasi ini dianggap penting dalam mencegah hoax, ujaran kebencian jelang pesta demokrasi Pilkada serentak. Berita hoax dan ujaran kebencian bisa saja menyebar luas melalui media elektronik, media masa cetak, media sosial, media spanduk, baliho, pamflet, ceramah keagamaan, pidato dan lain sebagainya.

“Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan kKominfo Kaur ini bagian dari upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait penyebaran berita hoax maupun ujaran kebencian. Ada konsekuensi hukum bagi penyebarnya sebagaimana diatur dalam UU maupun KUHP,” ujar Kadis Kominfo Kaur, Asman Suhadi.

Ujaran kebencian, meliputi penghinaan, pencemaran nama baik, penistaan, perbuatan tidak menyenangkan, memprovokasi, menghasut dan penyebaran berita bohong, tambah Asman Suhadi. Target Kominfo adalah tidak ada masyarakat Kaur yang terlibat persoalan hukum akibat tidak memahami apa itu hoax, ujaran kebencian ataupun kata lain yang dimaksud oleh UU ITE.

“Sasaran sosialisasi ini adalah untuk menciptakan proses Pilkada damai di Kabupaten Kaur. Dengan tidak menyebar berita hoax maupun hasut serta provokasi. Kominfo mengajak media untuk lebih menyuguhkan berita edukasi bagi masyarakat. Tidak ikut menyebar luaskan kebohongan melalui media khususnya menyangkut persoalan Pilkada,” tutup Asman Suhadi.(kif/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *