Catut Nama Pejabat, Penipuan Modus Sumbangan Covid-19 Gentayangan

oleh -114 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Merebaknya Covid-19 dimasyarakat bisa dimanfaatkan pelaku kejahatan penipuan. Dengan modus meminta bantuan penyaluran sumbangan untuk kemanusiaan. Pelaku juga tak segan mencatut nama petinggi Polri, TNI, Kejaksaan, Pengadilan maupun kepala daerah.

Guna menghindari penipuan yang mengatasnamakan bantuan kemanusiaan Covid-19 yang mencatut nama petinggi pemerintahan, diharapkan masyarakat lebih waspada. Bahkan, pelaku bisa menyasar perusahaan, kepala dinas, kepala badan, kepala kantor dan masyarakat umum.

Agar kiranya, jika ada aksi penipuan melalui telepon ataupun dengan cara lain upayakan untuk dikonfirmasi lebih dulu. Sehingga, tidak menjadi korban penipuan yang mengatasnamakan sumbangan kemanusiaan mencatut nama petinggi negeri. Modus penipuan seperti ini, mulai marak terjadi. Oleh karenanya, masyarakat diimbau lebih hati-hati.

Kapolres Kaur, AKBP Puji Prayitno, S.IK, MH mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar lebih selektif dan waspada menghindari aksi penipuan yang mengatasnamakan pejabat. Konfirmasikan terlebih dahulu sebelum memenuhi permintaan pelaku.

“Bantuan kemanusiaan yang dilakukan oleh pemerintah tercatat dan disalurkan melalui instansi resmi seperti Satgas gugus depan, BPBD maupun instansi terkait lainnya,” tegas Kapolres.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *