Bupati: Perusahaan Wajib Salurkan CSR

oleh -26 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Kamis (19/12/19) Bupati Kaur melaksanakan Rapat dengan seluruh Perusahaan yang ada di kabupaten kaur terkait transparansi penyaluran corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan kepada masyarakat Kaur terutama masyarakat disekitar perusahaan tersebut.

“Saya tidak peduli kondisi perusahaan bapak seperti apa kondisinya, namun kewajiban-kewajiban perusahaan harus tetap di laksanakan, kenapa saya berkata demikian, karena ini menyangkut kesejahteraan masyarakat kaur,”. Tegas bupati kaur mengawali rapat.

Bupati kaur juga menambahkan agar Penyaluran CSR tepat sasaran dan diketahui oleh pemerintahan daerah kabupaten kaur.

“hingga Saat ini perusahaan yang sesuai dengan prosedur adalah Bank bengkulu. Jikalau memang pihak perusahaan kesulitan dalam menyalurkan CSR kami pemerintah kabupaten Kaur siap membantu mengarahkan dan menyalurkan dana CSR tersebut secara transparan dan disaksikan oleh perusahaan itu sendiri. dengan dana ini diharapkan kesejahteraan masyarakat sekitar perusahaan ,umumnya masyarakat kaur akan meningkat”. Lanjut bupati Kaur

Kabag kesra Bapak Robi Antomi juga menerangkan bahwa pertemuan lanjutan ini mengenai UUD tanggung jawab Sosial perusahaan.

“sebenarnya pihak perusahaan selama ini sudah menyalurkan CSR namun tidak ada laporan ke pemkab kaur sehingga pemerintah mempertanyakan kewajiban perusahaan tersebut.
Diharpkan apabila perusahaan menyalurkan csr harap melapor ke pemkab terlebih dahulu.” kata kabag kesra

hal ini sejalan dengan pernyataan sekda kaur bapak Nandar munadi, MSi yang meyakini kemungkinan seluruh perusahaan telah melakukan csr hanya saja pola dan nominalnya tidak jelas dan juga tidak ada laporaan sehingga menjadi pertanyaan.

“mari Kita contoh Bank bengkulu setiap ingin menyalurkan CSR selalu melibatkan pemerintah, sehingga pemerintah mengetahui perkembangan perusahaan tersebut, dan juga transparansi nominal dan penerima csr jadi jelas”kata sekda kaur

Sekda juga berharap Setiap awal tahun perusahaan harus melaporkan jumlah dana untuk csr sehingga diketahui total nominal dana tersebut serta pemkab kaur akan mengarahkan kemana saja dana csr akan disalurkan mengingat pemkab kaur lebih memahami situasi dan kondisi di Kabupaten Kaur. Sekda juga menegaskan penyaluran dana tersebut harus merata walaupun memang prioritas utamanya adalah masyarakat sekitar perusahaan itu sendiri.

Arjun Tauri selaku CSR PT CBS cabang Kaur mewakili forum perusahaan-perusahaan yang hadir mengatakan ” pemaparan Bupati dan Sekda Kaur sangat tepat dan bermanfaat bagi pihak perusahaan, pemerintahan terutama bermanfaat bagi masyarakat Kaur”. Ia juga menambahkan
Pihak perusahaan akan melaporkan total dana csr ke pemerintah daerah dan akan bersama-sama menentukan kemana saja dana tersebut akan di salurkan. Kalaupun memang pihak perusahaan merasa sibuk dan tidak sempat pihak pemerintah daerah juga siap mengeksekusi penyaluran secara langsung walaupun tidak didampingi pihak perusahaan.

Kedepan pemerintah daerah kabupaten kaur akan segera mendata ulang perusahan-perusahaan yang ada di kabupaten kaur.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut , sekda asisten 2,kadis Transmigrasi kaur, Kabag humas, dan kabag kesra.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *