BPS Survei Ketenagakerjaan Semester Pertama

oleh -0 views

E-BENGKULU.COM, BINTUHAN – Survey angkatan kerja nasional (Sakernas) pada semster pertama, dilaksanakan pada bulan Februari. Sementara semester kedua dilaksanakan pada bulan Agustus setiap tahunnya.

Menurut kepala BPS Kabupaten kaur, Iin Inayati, Sakernas ini berbasis rumah tangga dirancang untuk mengumpulkan data ketenagakerjaan di indonesia.

Sakernas secara umum bertujuan untuk menyediakan data pokok ketenagakerjaan secara berkesinambungan, sementara tujuan secara khusus, memperoleh estimasi data jumlah penduduk bekerja, pengangguran serta indikator pekerja lainnya dan juga perkembangannya disetiap nasional propinsi, Kabupaten dan kota.

Iin menambahkan, ditengah pandemi ini, Sakernas juga mendata dampak pandemi terhadap ketenaga kerjaan.

Pada pendataan disurvey ini, yakni identitas pada setiap rumah tangganya,seperti nama kepala keluarga, hubungan dengan kepala keluarga, serta ada juga data khusus yang dikumpulkan yakni, anggota rumah tangga yang berumur 5 tahun keatas tentang partisipasi sekolah, Pendidikan, tempat tinggal 5 tahun yang lalu, disabiltas, pekerjaan utama dan informasi rumah tangga yang lain.

Lanjut iin, setelah dilakukan survey sakernas ini, akan diketaui persentasi masyarakat pada suatu daerah tersebut yang bekerja dan pengangguran.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *