Bongkol Rafflesia Siap Mekar di Batu Rigis

oleh -11 views

BINTUHAN, E-BENGKULU.COM – Habitat bunga Rafflesia kembali ditemukan warga siap mekar dikawasan Batu Rigis Kecamatan Padang Guci Hulu (Pagulu). Satu bongkol ditemukan siap mekar, sedangkan satu lagi baru mekar. Bunga icon Provinsi Bengkulu ini tetap tumbuh subur meskipun kemarau panjang. Ini menunjukan bahwa, kawasan hutan Kecamatan Pagulu masih tergolong suci. Bunga Rafflesia ini ditemukan tidak jauh dari bendungan Cawang Kidau lokasi percetakan sawah baru.

Untuk mencapai lokasi bunga Rafflesia ini, pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 300 meter dari titik akhir kendaraan. Saat ini, lokasi bunga mekar dan bongkol sudah diamankan warga agar tidak rusak terjamah tangan jahil. Munculnya bunga langka ini sudah yang sekian kalinya, oleh sebab itu, harus ada kesadaran masyarakat sekitar tetap mempertahankan hutan tropis dengan baik. Jangan sampai dirusak dengan aksi pembalakan liar ataupun pembukaan lahan yang membabi buta.

“Alhamdulillah, ada lagi bunga Rafflesia dikawasan Kecamatan Pagulu ini. kali ini, bongkol tumbuh di daerah Batu Rigis,” ujar Camat Pagulu, Arbi Sairani, S. IP, Kamis (17/10/2019).

Bagi masyarakat yang masih penasaran ingin melihat dari dekat bunga Rafflesia ini dapat datang langsung ke lokasi. Ada warga yang siap mengantar pengunjung sampai kelokasi bongkol. Bahkan, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) juga siap memandu pengunjung ke lokasi bunga yang siap mekar. Berkembangnya bunga ini menjadi kebanggaan masyarakat Kecamatan Pagulu. Sebab, tidak semua kawasan hutan menjadi tempat bunga ini mekar.

“Harus dijaga dan dilestarikan hutan sekitar. Sehingga, tetap menjadi pilihan bunga ini memekarkan diri. Selain itu, ada dampak ekonomis bagi warga sekitar karena banyak pengunjung,” beber camat.(wnd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *