Bimbing Masyarakat, Kapolsek Tanjung Kemuning Belajar Pembibitan

oleh -0 views

E-BENGKULU.COM, KAUR – Disela pelaksanaan tugas negara dalam pengamanan lingkungan, Kapolsek Tanjung Kemuning Polres Kaur, Iptu Rabnus Supandri, S. Sos memiliki niat tulus membantu masyarakat dalam pengembangan usaha mandiri. Salah satu yang dilakukan Kapolsek ini adalah pengembangan pembibitan secara mandiri. Guna menunjang pengetahuan terkait mekanisme pembibitan, Kapolsek Tanjung Kemuning belajar langsung di Kementerian Kehutanan Direktorat Jenderal Bina Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Perhutanan Sosial.

Kapolsek belajar tata cara pembibitan di  Balai Persemaian Permanen Kabupaten Kaur. Menimbah ilmu guna disalurkan ke masyarakat dalam rangka pembinaan pengembangan budidaya bibit. Sebelumnya, Kapolsek berpangkat balok kuning dua dipundak ini sudah melaksanakan program desa percontohan dengan gerakan tanam alpukat satu rumah satu pohon.

Menurut Kapolsek, Selasa (2/3/2021), persemaian pembibitan ini sangat membantu masyarakat memperoleh bibit yang berkualitas dan memiliki kualitas hasil yang cukup baik. Oleh karenanya, perlu ada penambahan ilmu pengetahuan langsung dari tenaga ahlinya. Belajar langsung disela waktu senggang merupakan kegiatan rutin.

“Hasil belajar persemaian bibit ini diterapkan langsung kepada masyarakat. Dengan tujuan menciptakan kreatifitas warga dalam pengadaan bibit yang baik,” ujar Kapolsek yang akrab disapa Bang Opan ini.

Ditambahkan Kapolsek, dengan belajar langsung maka akan menghasilkan petunjuk yang benar dalam pengembangan persemaian bibit. Apalagi, memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) yang lumayan banyak, pengembangan bibit ini dapat meningkatkan perekonomian warga binaan.

“Mudah-mudahan, apa yang dilakukan untuk masyarakat ini dapat meningkatkan perekonomian melalui sektor pertanian. Kaitannya dengan Kamtibmas sangat besar, terbukanya peluang usaha mandiri yang memiliki nilai ekonomis,” tutur Kapolsek.(amr)

Sumber: lintasnusantara.id

Artikel ini sudah terbit di media lintasnusantara.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *