Banjir Bandang Terjang Wilayah Hulu Tetap, 4 Desa Terendam

oleh -42 views

TETAP, E.BENGKULU.COM – Hujan deras yang mengguyur Bintuhan dan sekitarnya pada Jumat malam (5/6/20) sekira pukul 22.00 WIB, menyebabkan debit air sungai di Hulu wilayah Kecamatan Tetap naik. Akibatnya, air sungai meluap hingga menggenangi ratusan rumah warga di Desa Tanjung Dalam, Kepahyang, Babat dan Desa Tanjung Agung. Bahkan, ketinggian air pada saat awal terjadi banjir bandang itu diperkirakan mencapai 1 meter. Banjit bahkan menggenangi jalan poros di wilayah itu.

Mengetahui informasi tersebut, sekira pukul 22.30 tim dari Polsek Kaur Selatan, Babinsa, Camat Tetap, serta tim dari BPBD Kaur bergegas menuju lokasi banjir. Tim berupaya mengevakuasi warga di wilayah empat desa tersebut. Namun upaya evakuasi terhadap warga pada malam itu terhalang oleh banjir yang menggenangi jalan di Tebat Pinang, perbatasan antara wilayah Desa Pagar Dewa dengan Desa Tanjung Dalam. Ketinggian air di lokasi tersebut diperkirakan mencapai 1 meter.

Melihat kondisi itu, tim memutuskan untuk menunda evakuasi hingga menunggu air surut. Setelah beberapa jam menunggu, tim evakuasi baru bisa berhasil masuk ke Desa Tanjung dalam yaitu desa yang terdekat dari akses masuk jalur evakuasi, Sabtu dinihari (6/6) sekira pukul 01.30 WIB.

Sewaktu tim evakuasi tiba di desa tersebut, genangan air sudah mulai surut. Situasi di desa terlihat sepi dan sebagian warga memilih beristirahat dalam rumah. Menurut infornasi warga setempat, ketinggian air yang masuk ke rumah mereka saat banjir terjadi mencapai hingga 10 cm.

Sekira pukul 02.30 WIB, tim evakuasi melakukan konsolidasi dan memutuskan untuk melanjutkan evakuasi pada keesokan harinya. Hal itu diputuskan mengingat genangan air setinggi 1 meter masih menutupi akses jalan menuju ke tiga desa lainnya.

Berikut data sementara kerugian yang timbul akibat banjir bandang di Desa Tanjung Dalam. Sebanyak 35 unit terkena banjir dengan ketinggian air 10 cm di dalam rumah. Satu jembatan gantung mengalami kerusakan cukup parah. Sementara tidak ada korban jiwa. (a2n).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *