Awal Tahun, Harga Komoditi Pertanian Stagnan

oleh -15 views

E-BENGKULU.COM, TANJUNG KEMUNING – Geliat ekonomi diawal tahun masih jalan ditempat. Belum terlihat peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani dan pedagang. Hasil bumi tidak memberikan angin segar sebagai penghasilan yang menjanjikan. Begitu pula, perdagangan terasa lesu akibat menurunnya pendapatan keluarga. Daya beli masyarakat cenderung menurun.

“Komoditi unggulan seperti kelapa sawit, karet, padi dan palawija belum memberikan penghasilan yang menjanjikan. Harga Tandan Buah Segar (TBS), getah karet masih dibawa standart. Sedangkan, padi saat ini terancam tidak maksimal akibat banyaknya hama,” ujar Riswanudin (42) warga Desa Pagar Dewa Kecamatan Kelam Tengah, Minggu (6/1).

Faktor cuaca disinyalir menjadi penyebab turunnya hasil produksi pertanian, sambung Riswanudin. Disamping itu, harga komoditi pertanian juga tidak stabil. Situasi seperti ini tentu sangat diharapkan dapat segera berakhir. Menuju kebangkitan ekonomi yang lebih mantap dan terarah. Kebijakan pemerintah dalam penetapan harga juga sangat ditunggu petani. Aktivitas pasar tidak seramai sebelumnya, ini menunjukan bahwa daya beli masyarakat mengalami penurunan drastis.

“Ditengah kondisi pendapatan yang menurun, masyarakat lebih memilih untuk menahan untuk membeli kebutuhan yang tidak begitu mendesak. Pemenuhan kebutuhan hidup dan biaya sekolah anak yang diutamakan,” pungkasnya.(amr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *