APK, Dianggap Minim Visi Misi Program

oleh -9 views

E-BENGKULU, TANJUNG KEMUNING – Daftar Calon Tetap (DCT) anggota legislatif yang akan bertarung dalam Pemilu 17 April 2019 sudah terpasang di beberapa titik strategis dalam wilayah Kabupaten Kaur.

Selain itu, Alat peraga Kampanye (APK) lain juga tampak terpasang di sejumlah lokasi strategis, seperti di pinggir jalan raya. Hanya saja, sebagian besar spanduk dan atribut kampanye itu berisikan foto, nama caleg dan partai politik (parpol), serta nomor urut, tak ada informasi tentang program partai atau visi misi Caleg jika terpilih nanti.

Padahal, visi misi dan program yang harusnya juga ditawarkan oleh para Caleg maupun parpol kepada konstituennya ini dinilai penting sebagai referensi bagi masyarakat dalam menentukan pilihan politiknya.

Tokoh pemuda Kecamatan Tanjung Kemuning, Ein Dwi Marias, ST menilai, jika melihat berbagai spanduk yang dipasang oleh KPU ataupun APK para caleg dan parpol, sekilas mungkin saja masyarakat sudah banyak mengetahui nama Parpol beserta para caleg-nya untuk Pemilu 2019 ini. Hanya saja, menurutnya, informasi tentang program, visi misi yang didapatkan dari pemasangan APK itu masih sangat sedikit.

“Masyarakat tak mengetahui banyak mengenai program partai dan apa bedanya para caleg, perbedaan kebijakan mereka (caleg) jika terpilih nanti,” ujarnya kepada e.bengkulu.com, Minggu (6/1).

Dikatakannya, dalam pesta demokrasi lima tahunan ini, pemilih harus bisa melihat kapabilitas dan kualitas yang ditawarkan oleh parpol yang bersangkutan. Hal itu dapat dilihat salah satunya dari visi misi program yang harusnya ditawarkan. Karena bagaimanapun juga, membuat suatu perencanaan lebih baik daripada tidak membuat perencanaan sama sekali.

“Visi misi program harusnya ditawarkan oleh para Caleg kepada masyarakat. Karena hal itu bisa menjadi bahan pertimbangan bagi mereka dalam Pemilu nanti,” pungkasnya. (a2n)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *