Akibat Longsor, Akses Jalan Lintas di Seranjangan Sempat Terputus

oleh -44 views

SEMIDANG GUMAY, E.BENGKULU.COM – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Kaur dan sekitarnya pada Jumat malam, (5/6/20) mengakibatkan sejumlah wilayah di hulu sungai Air Tetap Kecamatan Tetapyang berada di daerah aliran sungai Ulu Tetap, Kecamatan Tetap terendam. Ketinggian air sungai yang meluap ke pemukiman warga di wilayah itu mencapai hingga 1 meter.

Tak hanya itu, hujan deras juga menyebabkan beberapa kawasan lainnya terkena longsor. Terparah, longsor terjadi di kawasan Seranjangan, tepatnya di Desa Tanjung Harapan Kecamatan Semidang Gumay. Material longsor yang awalnya hanya menutupi sebagian badan jalan. Namun karena tingginya curah hujan, Sabtu (6/5/20) sekira pukul 06. 00 terjadi longsor susulan. Material longsor berupa napal bebatuan sempat menutupi seluruh badan jalan. Akibatnya akses jalan nasional dilokasi itu sempat terputus total. Sehingga tidak bisa dilalui kendaraan.

Mengetahui informasi tersebut, aparat Kepolisian Resort (Polres) Kaur melalui anggota piket Yanmas Polsek Kaur Tengah bergerak cepat menuju ke lokasi tersebut. Aparat kepolisian lantas berkoordinasi ke pihak terkait agar segera dilakukan penanggulangan bencana. Setelah beberapa jam pasca kejadian longsor susulan, sekira pukul 08.00 WIB akhirnya dilakukan penanggulangan. Upaya penanggulangan bencana alam ini dipimpin Kapolres Kaur, AKBP Puji Prayitno, S.IK MH dikuti oleh Kasat Intelkam Polres Kaur Iptu Tomson Sembiring, SH, Kasat Lantas Polres Kaur Iptu Agus Antoni, Kapolsek Kaur Tengah Akp M. Yusman, Anggota Lantas Polres Kaur Anggota Polsek Kaur Tengah, anggota BPBD Kab. Kaur, serta dari Dinas PU Kabupaten Kaur.

Penanggulangan bencana longsor ini dilakukan dengan memecahkan batuan dan membuangnya dari badan jalan dilakukan dengan bantuan alat berat berupa Bekholoader danJack Hammer ( Pemecah Batu) milik CV Baggywa. Material yang longsor diangkut ke mobil Dump Truck untuk dibuang ke lokasi lain yang lebih aman. Sehingga akses jalan sudah bisa dilalui kendaraan.

“Ya, bebatuan longsor yang sempat menutupi badan jalan sudah bisa dihancurkan, dan dibuang. Sehingga akses jalan sudah dapat dilalui oleh kendaraan,” ujar Kapolsek Kaur Tengah, AKP Yusman di lokasi terjadinya longsor tersebut, Sabtu siang. (6/6/20.) (a2n)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *