Air Jelatang dan Tanjung Ganti, Desa Tangguh Bencana

oleh -34 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaur gelar kegiatan tanggap darurat bencana. BPBD menetapkan Desa Air Jelatang dan Desa Tanjung Ganti Kecamatan Maje sebagai desa tangguh bencana. Memgingat, kedua desa ini berada dikawasan sungai Air Sambat yang cukup rawan terjadi bencana alam.

Papar
PAPAR: Narasumber menyampaikan materi desa tangguh bencana.

“Kami mengucapkan terima kasih atas pelatihan yang diberikan oleh BPBD dalam pembentukan desa tangguh bencana. Selama ini, desa ini cukup rawan terjadi bencana. Oleh karena itu, atas pelatihan dasar ini sangat membantu,” ujar Pjs Kades Tanjung Ganti, Bunturi Liansyah S. Pd.

Sementara itu, kepala BPBD Kaur, Ujang Syafiri, S. Pd, S. IP melalui kabidnya, Usadi Dinata, S. Pd mengatakan, kegiatan ini digelar selama dua hari. Kegiatan ini merupakan sosialisasi pencegahan dan penanganan cepat bencana alam yang terjadi. Melalui kegiatan ini pula, dibentuk desa tangguh bencana sebagai motor penggerak dalam penanganan dan pencegahan bencana alam.

Peran dari desa tangguh bencana adalah bagaimana mengkampanyekan pelestarian alam sekitar. Menjaga dan melindungi habitat ekosistem alam agar tetap terjadi keseimbangan yang terjamin demi kenyamanan dan menghindari terjadinya gejolak alam.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari BPDB provinsi dan instansi terkait lainnya. Peserta diberi penjelasan dan materi terkait bencana dan mekanisme penanganan darurat mengevakuasi korban. Dengan demikian, akan menghindari jatuhnya korban bencana.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *