89 Warga Desa Tanjung Baru Maje Diusul BLT DD

oleh -35 views

MAJE, E-BENGKULU.COM – Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) Desa Tanjung Baru Kecamatan Maje bahas penetapan usulan warga yang layak mendapat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD). Dari 107 warga desa diusulkan sebanyak 89 warga yang memenuhi kriteria penerima BLT DD.

Musdessus melibatkan, relawan desa, BPD, perangkat desa, tokoh masyarakat, keterwakilan perempuan, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan pemerinta kecamatan. Musdessus dipimpin langsung Pjs Kades Tanjung Baru, Zikranto. Pembahasan penerima BLT DD mengacu pada Permendes PDT dan Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur mekanisme penetapan dan pencairan bantuan bagi masyarakat terdampak Covid-19.

BLT DD bersumber dari anggaran DD tahun 2020 sebagai bentuk regulasi penanganan dampak sosial ekonomi akibat wabah Covid-19. Pemanfaatan anggaran DD tahun ini antara 25 hingga 35 persen dari total pagu anggaran DD yang diterima desa. Sedikitnya, 107 warga Desa Tanjung Baru yang belum tersentuh Bantuan Sosial (Bansos). Sehingga, diusulkan dan diverifikasi oleh tim untuk mendapat bantuan yang bersumber dari DD.

Menurut Pjs Kades Tanjung Baru, Zikranto, Musdessus ini bertujuan menetapkan jumlah warga yang menerima bantuan BLT DD. Tentunya, mereka melalui tahapan pendataan dan verifikasi vaktual. Sehingga, bantuan benar-benar diterima oleh warga yang membutuhkan. Guna menghindari adanya tudingan miring masyarakat terhadap penetapan ini, maka dilakukan dengan cara musyawarah bersama yang dibuktikan dengan berita acara hasil musyawarah.

“Acuan dalam penetapan ini adalah Undang-Undang, Permendes PDT dan Perbup. Dalam aturannya, ada 14 kriteria calon penerima manfaat BLT DD. Musdessus merupakan lanjutan tahapan yang dilakukan tim relawan dan pemerintah desa,” ungkap Zikranto.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *