Sinergitas Pengamanan Pemilu 2020, RRI Kaur Dialog Luar Studio

oleh -0 views

KAUR, E-BENGKULU.COM – Rabu tanggal 21 Oktober 2020 sekira pukul 09.00 Wib dilaksanakan Kegiatan Dialog luar Studio RRI Bintuhan dengan Thema “Sinergitas Pengamanan Pemilu 2020” yang bertempat di Mapolres Kaur.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh RRI Bintuhan dengan Narasumber, Kapolres Kaur AKBP Dwi Agung Setyono, S.IK.,M.H,Ketua KPUD Kaur Meixxy Rismanto, SE, Ketua Bawaslu Kab. Kaur Tony Kuswoyo, S.Sos.

Adapun tamu undangan yang hadir adalah Plt Bupati Kaur Yulis Suti Sutri, S.KM, Pabung 0408 Kaur-Bengkulu Selatan Kapten Inf. Henry Marpaung, Kepala Satpol PP Suryanto Ajam, Sekretaris Kominfo Irdian, SP dan Ketua PWI Daspan Haryadi.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Plt Bupati Kaur Yulis Suti Sutri, S.KM, Penyampaian PLT Bupati Kaur, Pemilukada Kaur sudah masuk tahapan kampanye. Ditengah berita yg simpang siur/hoax harapannya agar RRI dapat menjadi media penyeimbang. Melalui RRI agar kiranya semua pihak dpt menjalin hubungan yang baik dalam mensukseskan Pilkada 2020

Penyampaian dalam dialog, Bagaimana Pentingnya Sinergitas pengaman pemilu. Kapolres Kaur, Dwi Agung Setyono, S.IK, MH menyampaikan, Saat ini pihak Kepolisian sedang menggelar Operasi pengamanan yaitu Ops Mantap Praja Nala 2020.

Sinergitas sangat penting dilakukan untuk menjamin situasi Kamtibmas Kondusif. Terkait penyelenggara kita mengharapkan dapat menjalankan tugas dengan aman dan nyaman, bentuk sinergitas Polri memberi pengamanan kepada pihak penyelenggara selama 24 jam.

Terkait tahapan kegiatan yang saat ini berlangsung, Polri memberi jaminan setiap kegiatan berjalan dengan baik dan telah diberikan pengamanan baik terhadap pasangan calon bupati/wabup maupun gubernur/wagub.

Tanggapan ketua KPU, sinergitas itu sangat penting karena tanpa adanya Sinergitas seluruh elemen yg bertugas untuk mengawal jalannya pemilukada tdk dapat berjalan. Selalu berkomunikasi dan berkoodinasi kepada pihak pengamanan TNI-POLRI, Pemerintah daerah, dan wartawan agar tidak terjadi permasalahan ditengah masyarakat.

Kami mengucapkan terima kasih kepada RRI bintuhan telah menyelenggarakan kegiatan sehingga tidak ada berita yang simpang siur di tengah masyarakat. KPU tetap dan selalu berupaya menjalankan tupoksi dengan baik dan berkoodinasi dengan pihak terkait dalam hal ini TNI-POLRI selaku pengaman, Pemda, dan PWI Agar kita bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas kaur yang aman.

Tanggapan Ketua Bawslu, Suksesnya tahapan pilkada tidak selesai hanya dengan satu lembaga. Tujuan akhir pilkada ini bukan sekedar untuk mengganti pimpinan. Suksesnya pilkada terjadi apabila adanya jalinan sinergitas antar instansi.

Bagaiman menjalin Sinergitas, Ketua KPU menyampaikan, Agar paslon dapat memberikan informasi yang akurat dan pendidikan politik kepada semua lapisan masyarakat. Perbedaan pandangan itu hal biasa untuk mendapatkan sesuatu yang baik dalam memilih pemimpin Kab. Kaur kedepan.

Tanggapan Kapolres Kaur, Tidak ada kendala dalam menjalin Sinergitas dengan Penyelenggara baik itu dengan KPU maupun Bawaslu. Kita juga menjalin Sinergitas dengan TNI dalam hal ini Kodim 0408 Kaur-Bengkulu Selatan.

Telah melakukan safari Kamtibmas terhadap masing-masing pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kaur supaya tercipta pemilu yang damai.

Menjalin komunikasi dengan masyarakat dan juga media agar setiap informasi yang diberitakan tidak menjatuhkan atau merugikan orang lain.

Tanggapan Ketua Bawaslu, Selalu melakukan koordinasi dengan pihak KPU, pihak keamanan agar setiap kegiatan pemilu yang akan dihadapi dapat berjalan dengan lancar. Menjalin sinergitas dengan pihak wartawan agar setiap keputusan yang diberitakan tidak menimbulkan permasalahan.

Sejauh mana tahapan pilkada saat ini berlangsung ?

Tanggapan Ketua KPU, Saat ini sedang berlangsung Proses tahapan kampanye. Dalam setiap tahapan demi tahapan KPU selalu mengingatkan kepada untuk tetap bekerja dengan baik.

Dalam setiap proses tahapan KPU selalu berkoordinasi dengan instansi terkait demi terselenggaranya Pilkada yg aman.

Tanggapan Ketua Bawaslu, Keberlangsungan tahapan Pilkada selalu diawasi oleh pihak Bawaslu. Pelaksanaan pengawasan pilkada tetap memperhatikan protokol kesehatan mengingat saat ini kita dihadapkan dengan wabah Covid-19.

Bagaimana gambaran kondisi Kab. Kaur Saat ini ?

Tanggapan Kapolres Kaur, Secara umum situasi di Kab. Kaur masih kondusif walaupun persaingan antar paslon panas. Masyarakat kaur sudah cerdas dan paham informasi, inilah nilai positif dalam terciptanya situasi di kaur yg aman dan kondusif.

Agar setiap Paslon dapat menggunakan masa tahapan kampanye untuk memikat hati masyarakat dengan menyampaikan Visi dan Misi. Memberikan himbauan agar kegiatan ini bukan ajang untuk saling menjatuhkan, menyebarkan berita hoax.

Bagaimana mengantisipasi cerita kelam pemilu masa lalu, agar tidak terulang

Tanggapan Ketua KPU, Pimpinan KPU RI selalu menyampaikan agar kejadian dimasa lalu menjadi catatan penting agar kiranya pelaksanaan kegiatan pemilu terlaksana dengan transparan.

Apabila ada permasalahan yg terjadi ketika kita koordinasikan mudah-mudahan akan terlaksana dengan baik.

Tanggapan ketua Bawaslu, sudah melaksanakan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya. Pihak Bawaslu tidak akan menciptakan situasi pilkada yang tidak aman.

Tanggapan Kapolres Kaur, Saat ini masyarakat kaur sudah cerdas. Selalu mengingatkan agar masyarakat tidak menjadi martir yang dapat menjadikan situasi tidak kondusif. Apabila ada keputusan keputusan yg tidak sesuai agar kiranya setiap Paslon menyampaikan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Akan senantiasa memberikan jaminan untuk lancarnya tahapan pilkada. Agar setiap pihak dapat memahami tugas masing-masing individu.

Pesan-pesan dalam menghadapi Pilkada 2020, Agar Masyarakat tetap menjaga dan memberikan kepercayaan kepada pihak KPU, kami akan meyakinkan terciptanya pemilu yg aman, lancar dan kondusif.

Pesan Ketua Bawaslu
Apabila nanti proses pilkada tidak berjalan dgn baik maka akan terulang kejadian pada tahub 2005. Agar masyarakat memberikan kepercayaan kepada pihak penyelenggara Demi berjalannya tahapan pilkada yg aman dan lancar.

Pesan Kapolres Kaur

Kiranya kita semua baik pihak penyelenggara maupun masyarakat dan semua tim pemenangan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kaur dapat menjaga dan menciptakan situasi Pilkada 2020 yang aman, lancar, dan kondusif.(kif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *